Politik Pemerintahan

PKS Jatim Gembleng 14.780 Saksi di Dapil VIII

Jombang (beritajatim.com) – PKS (Partai Keadilan Sejahtera) terus melakukan konsolidasi guna menghadapi Pemilu dan Pilpres 17 April 2019. Terbaru, mereka memberikan pelatihan khusus atau Trainer For Training (TFT) untuk koordinator saksi yang ada di dapil Jatim VIII (Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Kabupaten/Kota Madiun).

“Kita keliling setiap kabupaten/kota yang masuk dapil Jatim VIII. Kemarin Jombang dan Mojokerto. Untuk saat ini Nganjuk dan Kabupaten/Kota Madiun. Kita memberikan pelatihan untuk saksi yang akan kita terjunkan dalam pemilu dan pilpres,” ujar Ketua Koordinator Dapil VIII DPW PKS Jatim, Rohmad Abidin, Selasa (9/4/2019).

Rohmad mengatakan, jumlah saksi PKS dapil Jatim VIII sebanyak 14.780 orang. Mereka akan diterjunkan di setiap TPS yang ada. Selain itu pihaknya juga menyiapkan koordinatar saksi desa dengan jumlah total 1.189 orang. Dari jumlah tersebut masih ditambah 162 orang kordinator saksi (korsak) tingkat kecamatan.

“Rinciannya sebanyak 81 kecamatan di dapil Jatim VIII. Masing-masing kecamatan sebanyak 2 orang. Sehingga jumlah total kordinator saksi tingkat kecamatan 162 orang. Kalau kordinator saksi tingkat desa 1.189 orang,” katanya merinci.

Apakah saja tugas mereka? Rohmad menjelaskan, ada dua hal yang wajib dilakukan oleh para saksi. Pertama, mereka wajib mendapatkan form C dari saksi-saksi TPS dan menjaga form C tersebut yang kemudian akan dimasukkan dan diolah oleh tim data.

“Selanjutnya, mereka juga diwajibkan mengirimkan pesan singkat hasil perhitungan suara ke SMS Center PKS di masing-masing DPD (Dewan Pimpinan Daerah). Tentu saja, mereka hadir dan siaga saat pemungutan sampai perhitungan suara,” ujarnya.

Anggota DPRD Jombang ini menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan server yang sudah diujicoba, maksimal selama enam jam setelah penghitungan suara selesai, semua data sudah masuk. Dengan demikian, lanjut Rohmad, PKS siap mengamankan suara, baik tingkat daerah, provinsi dan nasional, sekaligus juga suara Paslon Capres Cawapes nomer urut 02 Prabowo-Sandi.

“PKS Jatim dapil VIII menyiapakan SMS centre untuk real count enam jam setelah penghitungan. Dari situ akan diketahui berapa dapil kabupaten/kota yang mendapatkan kursi. Suara pusat dapil VIII juga akan diketahui berapa angka kemenangannya,” pungkas Rohmad. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar