Politik Pemerintahan

PKB Diprediksi Raih Dua Kursi di Dapil Jatim IX

Surabaya (beritajatim.com) – Lembaga Survei Y Publica memprediksi bahwa PKB akan mendapatkan dua kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX. Dua kursi itu diisi oleh Farida Hidayati dan Ratna Juwita Sari.

Direktur Eksekutif Y Publica, Rudi Hartono mengungkapkan bahwa dua nama itu merupakan kader perempuan potensial yang dimiliki oleh PKB.

Pasalnya, keduanya merupakan sosok yang banyak dipilih oleh masing-masing responden di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

“Berdasarkan hasil jajak pendapat yang kami lakukan, dua nama ini nampaknya memiliki basis konstituen yang kuat pada masing-masing kabupaten di Dapil Jatim IX ini,” ujar Rudi dalam rilis surveinya, Senin (25/2/2019).

Berdasarkan hasil survei Y-Publica yang dilakukan pada 4-13 Februari 2019 di dapil Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan, Farida Hidayati mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 10,8 persen dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8 persen.

Sementara itu, tingkat keterpilihan tertinggi ditempati oleh Haeny Relawati yang merupakan mantan Bupati Tuban dua periode dengan elektebilitas sebesar 12,3 persen. Selanjutnya, tiga kursi yang lain diisi oleh Didik Mukrianto 9,3 persen, Wihadi Wiyanto 8,4 persen dan J Urip Utomo 7,5 persen.

“Nama-nama ini adalah mereka yang mendapatkan peringkat enam besar tertinggi tingkat elektabilitas caleg DPR RI Dapil Jatim IX,” terang Rudi.

Sebagaimana diketahui bahwa Dapil Jatim IX mendapatkan jatah enam kursi dalam Pemilu Legislatif 2019 mendatang.
Untuk informasi, sampel dalam survei ini dipilih secara acak bertingkat (multistage random). Dalam survei ini margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rudi menilai bahwa dua kursi yang didapatkan oleh PKB di dapil ini adalah hal yang wajar. Pasalnya, dua daerah di Dapil Jatim IX ini saat ini dipimpin oleh kepala daerah yang berasal dari partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar tersebut.

“Bupati Bojonegoro Ana Muawanah dan Bupati Tuban Fatkhul Huda tentu memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk memenangkan PKB di daerah mereka masing-masing,” tandasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar