Politik Pemerintahan

PJU di Ponorogo Pakai Meterisasi, Dishub Klaim Hemat Ratusan Juta

foto/ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Sejak tahun lalu Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo getol melakukan meterisasi pada penerangan jalan umum (PJU). Dengan meterisasi Dishub mengeklaim bisa menghemat ratusan juta per bulannya.

“Setiap bulan pemkab mengeluarkan Rp 920 juta untuk biaya operasional sekitar 4000 unit PJU yang tersebar di wilayah Ponorogo,” kata Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi, Jumat (21/6/2019).

Djunaedi mengungkapkan, dengan meterisasi dapat menghemat biaya operasional PJU yang dibayarkan kepada PLN. Besarannya bisa mencapai 30-40 persen dari total yang harus dibayar tiap bulan. Paling banyak Rp 400 juta dapat dihemat pemkab jika meterisasi sudah dipasang seluruhnya. “Sejak tahun lalu baru ada 110 meterisasi yang dipasang di 14 kecamatan,” ungkapnya.

Pemasangan meterisasi ini, kata Djunaedi dilakukan bertahap. Targetnya ada 400 meterisasi untuk 4.000 PJU. Dia menyebut tahun lalu membutuhkan anggaran Rp 200 juta untuk memasang 110 meterisasi. Setidaknya tahun ini juga membutuhkan anggaran yang sama Rp 200 juta untuk melanjutkan program meterisasi ini.

“Pendataan antara PLN dan dishub untuk tahun ini sudah mulai dikerjakan. Begitu anggaran disetujui, program meterisasi akan dilanjutkan,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar