Politik Pemerintahan

Pilwali Surabaya: Kalangan Birokrat, Hendro Gunawan atau Eri Cahyadi?

Surabaya (beritajatim.com) – Dari kalangan birokrat, saat ini ada dua nama yang telah meramaikan bursa Pilwali Surabaya 2020. Keduanya adalah Sekkota Hendro Gunawan dan Kepala Bappeko Eri Cahyadi.

Nama kedua tokoh birokrat Kota Pahlawan itu masuk dalam hasil riset kualitatif yang dilakukan oleh pakar komunikasi politik asal UNAIR Suko Widodo. Sebagai informasi, riset kualitatif ini didapatkan dengan cara melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak.

Apabila dibandingkan, Suko mengungkapkan jika kedua tokoh tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. “Pak Hendro ini sudah teruji kapabilitas selama menjadi Sekkota. Sering bersentuhan dengan masyarakat pula. Maka saya melihat modal sosial dan personalnya sudah oke,” paparnya.

Bagaimana dengan Eri Cahyadi? Menurut pria yang akrab disapa SW ini, Kepala Bappeko Surabaya itu memiliki karakteristik yang jauh berbeda. “Eri Cahyadi ini sangat teknis orangnya. Karena bidang kerja Beliau disitu memang. Secara personal oke, tinggal bagaimana interaksinya dengan masyarakat,” jelas Suko.

Untuk diketahui, hasil riset yang sama juga memunculkan 4 modal penting yang harus dimiliki oleh para bakal pengganti Tri Rismaharini.

Keempat modal itu ialah: modal personal atau visi misi serta rekam jejak masing-masing, modal sosial yang berkaitan dengan kedekatan mereka dengan publik, modal materi untuk keberlanjutan proses kampanye, serta modal organisasi politik atau mesin partai demi kendaraan masing-masing di Pilwali Surabaya. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar