Politik Pemerintahan

Pilkades Serentak di Bojonegoro Tak Ada Gugatan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilakukan pada Rabu (26/6/2019) lalu tinggal menunggu penetapan. Sejauh ini diketahui tidak ada desa yang melakukan gugatan atas hasil Pilkades serentak tersebut.

Asisten 1 Bidang Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro, Djoko Lukito mengatakan, sejauh ini pihaknya mengaku belum mendapat laporan terkait adanya gugatan hasil Pilkades serentak. Sehingga, tahapan selanjutnya tinggal menunggu penetapan.

“Penetapan akan dilakukan setelah masa jabatan kepala desa terakhir yang ikut Pilkades serentak gelombang ke 2 habis. Jabatan kades terakhir 3 September 2019, jadi pelantikan setelah itu,” ujarnya, Kamis (18/7/2019).

Sementara diketahui Pilkades serentak diikuti sebanyak 156 desa di 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Dari 156 desa yang akan menggelar pilkades serentak tersebut, ada satu desa yang sudah habis masa jabatannya sejak 2017 dan tiga desa sudah habis masa jabatannya 2018. Sedangkan 152 desa lainnya habis masa jabatannya pada tahun 2019.

Sedangkan, khusus untuk kepala desa yang akan habis masa jabatannya pada Desember 2019, akan mengikuti pilkades serentak tahun 2020. Kecuali dua desa yang diisi Penjabat (Pi) Kepala Desa, yaitu Desa Balenrejo Kecamatan Balen dan Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar