Politik Pemerintahan

Pilkada Banyuwangi, Satiyem dan Sunaryanto Klaim Kumpulkan 94.958 Dukungan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Berkas penyerahan syarat dukungan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi milik Satiyem alias Bunda Ratu Satiyem dan Sunaryanto telah masuk register di KPU Banyuwangi. Berkas tersebut masuk di detik terakhir atau 10 menit jelang penutupan masa waktu yang ditetapkan.

Saat mendatangi KPU Banyuwangi, pasangan ini mengklaim mendapat 94.958 dukungan KTP dari warga. Meskipun, hal itu masih perlu dibuktikan dari proses verifikasi. “Bunda Ratu Satiyem dan Sunaryanto datanya sudah kami terima, tiga syarat yang harus muncul yaitu B1, B1.1 dan B2 sudah dipenuhi. Jadi tadi sudah di submit dan diregistrasi,” kata Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni Rahman, Senin (24/2/2020).

Tapi, pasangan ini belum bisa mendapatkan tanda terima dari KPU Banyuwangi. Karena, berkas yang dikumpulkan masih harus melalui tahapan verifikasi. “Kita harus pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hingga 26 Februari untuk menentukan jumlah dukungan yang valid dan lengkap kemudian kita terima atau tidak, nanti baru kita keluarkan lewat berita acara (BA),” ungkapnya.

Namun, jika dalam masa waktu pengecekan jumlah dukungan dan sebaran tersebut tidak memenuhi syarat atau kurang lengkap maka otomatis ditolak. “Penyerahan syarat dukungan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi dari pasangan Satiyem dan Sunaryanto masuk ke kami Jam 23.50 WIB, Minggu (23/2/2020), saat ini masih kita lakukan verifikasi,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data Silon KPU Banyuwangi, Satiyem – Sunaryanto mendapat dukungan 94.958 KTP dari 85.643 dukungan. Jika dinyatakan lengkap, maka tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi yang dimulai pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020, kemudian dilanjutkan verifikasi faktual mulai 26 Maret sampai 15 April 2020. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar