Politik Pemerintahan

Pilkada Banyuwangi, Bakal Calon Bupati Perseorangan Datangi KPU

Banyuwangi (beritajatim.com) – Masa penyerahan syarat dukungan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi tahun 2020 berakhir hari ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi akan menutup waktu penyerahan hingga Minggu (23/2/220) Pukul 00.00 WIB.

Di Banyuwangi ada dua pasangan bakal calon perseorangan yang sebelumnya telah mengambil akun Silon di KPU. Mereka adalah pasangan Purnomo dan Suminto serta Satiyem alias Bunda Ratu Satiyem dan Sunaryanto.

Akan tetapi, hingga batas waktu yang ditentukan baru satu yang datang menyerahkan syarat dukungan. Satiyem dan Sunaryanto beserta tim menepati keinginannya untuk menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi. Mereka datang tepat pukul 22.40 WIB.

“Saya mohon maaf, baru tengah malam hadir. Ini bukan suatu kesengajaan, tapi sebenarnya kmi ini ingin perfect, dan ingin beda dengan calon lain. Kami ingin menyuguhkan yang terbaik walaupun belum bisa diharapkan sebaik hati saya,”

“Berkasnya luar biasa, dan anak-anak mengerjakan dengan baik siang malam,” kata Satiyem usai tiba di Kantor KPU Banyuwangi di Jl. KH. Agus Salim No. 07, Minggu (23/2/2020).

Keluh kesah Satiyem berujar di depan Pimpinan KPU maupun Bawaslu Banyuwangi yang menerima kedatangannya. Menurutnya, waktu yang singkat menjadi kendala bagi dirinya dan tim.

“Waktu tidak bisa diajak kompromi, mohon maaf berkas ada yang campur. Pengetikan itu yang mungkin harus dilakukan siang malam, mereka kerja tanpa lelah,”

“Kami sebenarnya ingin mengulur waktu, agar bisa selesai dan agar berkas tertata rapi. Tapi karena terbatas waktu dan anggaran tapi kami berupaya yang terbaik dan berhati-hati,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Satiyem, perubahan waktu penyerahan syarat membuatnya tertekan.

“Katanya kan 15 Maret tapi maju jadinya 19 Februari. Kami sudah persiapkan sejak jauh hari, awalnya menggunakan blanko lama sudah terkumpul 12 ribuan dukungan, tapi ternyata berubah dan harus mulai dari awal setelah kami datang ke sini. Kami harus datang lagi ke warga minta tanda tangan, sampai ditanya oleh warga minta tanda tangan terus, duitnya mana?,” ujarnya.

Selain datang bersama pasangannya, Satiyem juga membawa satu mobil box pick up berisi dokumen dukungan. Saat ini, syarat tersebut sedang diverifikasi oleh tim verifikator KPU Banyuwangi. Dari data Silon, jumlah dukungan yang berhasil dikumpulkan pasangan Satiyem dan Sunaryanto sebanyak 94.958 dari 85.643 dukungan. (rin)

Ket : Dari kiri Satiyem (kerudung kuning) dan Sunaryanto (kemeja merah garis ungu) saat diterima pimpinan KPU dan Bawaslu di Kantor KPU Banyuwangi, Minggu (23/2/2020). [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar