Politik Pemerintahan

Pilbup Ponorogo, Empat Orang Jajaki Jalur Perseorangan

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi. [dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Pendaftaran jalur perseorangan pemilihan bupati (pilbup) 2020 Ponorogo rencana masih akan dibuka pada Februari nanti. Namun animo masyarakat yang berencana mencalonkan dari non-partai itu cukup tinggi. Buktinya hingga bulan ini, sudah ada 4 orang yang berkonsultasi kepada KPU Ponorogo, untuk menanyakan syarat-syaratnya.

“Untuk sementara ada 4 orang yang menanyakan prasyarat maju pilbup lewat perseorangan,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi, Rabu (4/12/2019).

Namun, Arwan enggan membuka identitas 4 sosok yang menyambangi kantor KPU tersebut. Karena mereka hanya mengaku dari unsur masyarakat, tidak mengatasnamakan dari kelompok tertentu. Selain itu mereka juga tidak mendatangi KPU secara bersama-sama. “Kemungkinan ya inisiatif sendiri atau malah diantara mereka adalah utusan. Namun utusannya siapa, saya juga belum tahu,” katanya.

Karena mereka juga tidak secara terbuka kalau akan maju lewat jalur non partai tersebut. KPU Ponorogo, kata Arwan, berkewajiban menjelaskan jika ada masyarakat ingin tahu tentang kepemiluan. Jadi kepada keempat orang itu, pihaknya menjelaskan panjang lebar soal pencalonan dari jalur perseorangan. “Pertannyaan mereka detail, mulai dari syarat dukungan hingga tahapan-tahapan yang harus dilalui,” katanya.

Arwan menambahkan, pengumuman resmi untuk jalur perseorangan akan dilaksanakan pada Desember ini. Sedangkan tahapannya baru akan dimulai pada Februari tahun depan. “Jadi ada tidaknya yang mendaftar lewat jalur perseorangan ya nanti pada Februari,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar