Politik Pemerintahan

Pilbup Jember, PKB Berkomunikasi dengan Gerindra, Hanura, dan Nasdem

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa sudah mulai menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik untuk membicarakan prospek pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 2020.

Tiga partai yang sudah diajak berkomunikasi adalah Gerindra, Hanura, dan Partai Nasional Demokrat.

“Tapi baru pembicaraan awal. Belum mengarah ke orang, tapi bagaimana Jember ke depan,” kata elaksana Tugas Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Syaiful Bahri Anshori.

Syaiful mengatakan, pembicaraan awal tersebut terkait kepemimpinan Jember saat ini. “Apa yang perlu dilakukan ke depan. Menyatukan visi-misi dulu. Baru setelah itu kita bicara figur,” katanya.

Menurut Syaiful, pembicaraan intensif baru akan dilakukan setelah pelantikan DPRD Jember 2019-2024. “Kami juga perlu survei. Kami akan coba lakukan survei,” katanya.

Namun dari pembicaraan dengan partai-partai, ada keinginan agar hanya ada dua pasang kandidat saja yang muncul, jika Bupati Faida mencalonkan diri lagi. “Lebih baik head to head. Saya ketemu beberapa partai. Mereka mengatakan: dua saja, Pak. Jadi (dua) calon (adalah) yang diusung PKB dan mungkin sama incumbent. Jadi enak,” kata Syaiful.

Pola koalisi di tingkat pusat saat pemilihan presiden tak akan mempengaruhi koalisi di Jember. “Masing-masing daerah punya pola tersendiri. Bukan koalisi ideologis, berdasarkan kebutuhan daerah saja. (Bisa) PKB dengan Gerindra, PKB dengan PKS,” kata Syaiful. Ini karena komposisi kursi parlemen di setiap daerah berbeda-beda. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar