Politik Pemerintahan

Bupati Faida Daftar Pilbup Via Jalur Independen di KPU Jember

Jember (beritajatim.com) – Kandidat bupati petahana Faida yang berpasangan dengan Dwi Arya Oktavianto atau Vian mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan bupati dan wakil bupati melalui jalur indepeden di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Incumbent sudah mengambil user name Silon (Sistem Informasi Pencalonan) Jumat lalu,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Jember Achmad Susanto, Rabu (29/1/2020).

Berkas tersebut diurus oleh perwakilan tim dengan membawa surat mandat. “Kami beri bimbingan teknis pengisian syarat dukungan sesuai data yang mereka miliki. Nanti kalau diaplikasikan di silon akan ketemu datanya ganda atau tidak,” kata Susanto.

Calon perseorangan harus memenuhi jumlah dukungan minimal sebanyak 121.127 nama. Syarat dukungan diberikan pada 19-23 Februari 2020. “Hard copy dan soft copy harus sesuai,” kata Susanto.

KPU Jember tidak mengistimewakan calon petahana. “Tidak ada perlakuan khusus. Sama saja,” kata Susanto.

Nantinya bukti dukungan akan diverifikasi administrasi dan faktual oleh KPU. “Fiktif atau tidaknya akan ditanyakan saat verifikasi faktual. Ini sensus bukan sampling,” kata Susanto.

Dalam Pemilu 2015 lalu pasangan Bupati Faida berpasangan dengan Abdul Muqit Arief diusung oleh PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, dan PAN, atau total 17 kursi di DPRD Jember. Saat  itu Faida melawan pasangan Sugiarto-Mochammad Dwi Koryanto diusung oleh Partai Gerindra, PKB, PKS, Golkar, PPP, dan Demokrat dengan Total 33 kursi di DPRD Jember. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar