Politik Pemerintahan

Peserta CPNS Kepergok Bawa Jimat, Lantas Begini Nasibnya

Sumenep (beritajatim.com) – Peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumenep, ada yang diketahui membawa jimat.

Hal itu diketahui saat dilakukan penggeledahan badan terhadap seluruh peserta tes, saat akan masuk ruang ujian. Sesuai aturan, setiap peserta tidak diijinkan membawa barang-barang apapun ke dalam ruangan tes, kecuali kartu peserta dan KTP. Ternyata ada peserta yang ketahuan membawa barang diduga sebagai jimat.

“Kami memang mendapat laporan, ada peserta tes yang membawa jimat. Tapi kami tidak tahu, ada berapa orang. Yang jelas jimat itu sudah diamankan, karena peserta memang tidak boleh membawa alat apapun ke ruangan tes,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Majid, Senin (27/01/2020).

Tes CPNS di lingkungan Pemkab Sumenep diikuti oleh 6.352 peserta. Sedangkan formasi yang dibutuhkan sebanyak 310 orang, terdiri dari tenaga kesehatan, tenaga pendidik, serta tenaga teknis lainnya.

Pelaksanaan tes tersebut berlangsung dari tanggal 27 Januari -.5 Februari 2020. Tes dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Jadi kami minta pada peserta, agar jangan pernah percaya kalau ada yang menjanjikan mampu menjamin kelulusan 100 persen. Ingat, tes ini menggunakan sistem CAT. Jadi saat peserta selesai mengerjakan soal, hasilnya bisa langsung diketahui,” papar Madjid.

Materi tes CAT CPNS terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar