Politik Pemerintahan

Perludem: Lima Partai Peroleh Kenaikan Jumlah Kursi DPR

Jakarta (beritajatim.com) – Pasca penetapan hasil pemilu yang dilakukan oleh KPU, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) melakukan konversi suara ke kursi menggunakan sainte lague untuk mengetahui dua hal: perolehan kursi partai politik dan angka keterpilihan perempuan.

Penghitungan dilakukan dengan menggunakan basis data sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPR Model DD1-DPR RI di setiap kabupaten/kota di 80 daerah pemilihan.

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengatakan, karena berdasarkan hasil sengketa persilihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi untuk Pemilu DPR tidak ada yang dikabulkan, maka perolehan suara pun tidak ada yang berubah dan sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh KPU pada 21 Mei 2019.

“Begitu pula dengan DPD yang dilihat hasil keterpilihannya di 34 Provinsi berdasarkan empat orang peraih perolehan suara tertinggi di setiap provinsi,” kata Titi dalam pernyataan tertulis yang diterima hari ini.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil hitung menggunakan formula konversi kursi sainte lague di 80 daerah pemilihan, dari 16 partai politik peserta pemilu terdapat 9 partai politik yang lolos meraih kursi di DPR. Kesembilan partai politik yang berhasil melampaui ambang batas minimal perolehan suara 4% merupakan partai politik lama yang sebelumnya meraih kursi di Pemilu 2014.

Menurutnya, dari sembilan partai politik menduduki kursi DPR periode 2019-2024 terdapat lima partai politik yang mengalami kenaikan jumlah kursi diantaranya: PDIP dari 109 kursi di Pemilu 2014 bertambah 18 kursi menjadi 128, kemudian Gerindra bertambah 5 kursi dari 73 menjadi 78 kursi, Partai Nasdem dari 36 kursi menjadi 59 kursi bertambah 23 kursi, selanjutnya PKB bertambah 11 kursi dengan total kursi menjadi 58, dan PKS yang semula meraih 40 kursi bertambah 10 kursi menjadi 50 kursi di Pemilu 2019.

“Sedangkan empat partai politik lainnya mengalami penurunan jumlah kursi,” katanya tanpa merinci lebih lanjut penurunan kursi partai yang dimaksud. [hen/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar