Politik Pemerintahan

Maju Pilbup Kediri 2020

Perempuan Pengusaha Ini Ingin Garap Sektor UMKM

Kediri (beritajatim.com) – Berbekal pengalaman di dunia usaha, Dini Setyoningsih maju dalam bursa Pemilihan Bupati Kediri 2020. Perempuan kelahiran ‘Bumi Panji’ ini ingin menggarap sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memberdayakan kaum wanita menuju kesejahteraan.

Dini, begitu sapaan akrabnya telah menjalin komunikasi intensif dengan sederetan partai politik untuk mewujudkan niatnya. Hari ini, dirinya datang ke Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri untuk mendaftarkan diri sebagai peserta penjaringan.

“Kalau yang sudah komunikasi dengan empat partai. Mulai dari Partai NasDem, PAN, Partai Demokrat dan hari ini saya daftar di Partai Golkar,” kata Dini usai daftar di Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri.

Sebagai putri asli Kediri Dini merasa terpanggil. Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ini melihat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri dari kota tempat tinggalnya di Surabaya masih kurang merata. Oleh sebab itu, Dini bermaksud untuk ‘dandani’ bumi kelahirannya agar tidak terjadi kesenjangan tingkat ekonomi di masyarakat.

Menurut Dini formula yang tepat adalah menggarap sektor UMKM. UMKM sebagai penggerak sektor ekonomi di masyarakat akan didorong agar semakin optimal. Sehingga para ibu rumah tangga (IRT) dapat berdaya dan sejahtera melalui usaha UMKM.

“Saya akan mengoptimalkan bidang UMKM. Seperti di organisasi saya di IWAPI terkait UMKM agar ibu-ibu yang tadinya hanya di rumah sebagai ibu rumah tangga, tetapi bisa menghasilkan uang dan tidak bergantung kepada suami,” harapnya.

Yang tak kalah penting bagi Dini, adalah penyerapan tenaga kerja sebesar-besarnya. Dirinya tidak ingin melihat ada lulusan SMK yang menganggur karena kesulitan memperoleh lapangan pekerjaan. Sehingga, mereka justru akan membebani orang tuanya.

Dini Setyoningsih sehari-hari berkecimpung pada usaha ekspor-impor. Lahir di Kediri, perempuan yang menyebut dirinya sebagai ‘Srikandi Kediri’ ini menempuh pendidikan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Kediri. Dini merupkan alumni Universitas Kadiri (UNIK) Kediri.

Untuk diketahui, DPD Partai Golkar mulai membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 selama empat hari dimulai, pada hari ini, Rabu (5/2/2020). Partai berlambang Pohon Beringin ini memiliki enam kursi di DPRD. Sehingga, Partai Golkar harus berkoalisi dengan partai lain dengan jumlah kursi minimal Empat untuk bisa mengusung calon. Sementara itu, untuk pendaftaran penjaringan gratis dan tanpa mahar. [nm/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar