Politik Pemerintahan

Pilwali Surabaya 2020

Pengusaha Dinilai Cocok Gantikan Risma

Tri Rismaharini

Surabaya (beritajatim.com) – Bola panas Calon Wali Kota Surabaya terus bergulir. Meski baru akan digelar di tahun 2020, beberapa nama mulai muncul ke permukaan sebagai bakal calon suksesor Wali Kota Tri Rismaharini.

Peneliti senior Surabaya Survey Center Surokim Abdussalam, Minggu (14/7/2019), berpendapat jika kalangan pengusaha sangat layak untuk dipertimbangkan maju di Pilwali Surabaya 2020. Mereka disebut memiliki modal kuat.

“Para pengusaha ini punya modal kuat terkait visi. Mereka mampu mencukupi kebutuhan terkait bagaimana Surabaya di masa depan. Kemampuan itu kemampuan khas yang dimiliki oleh kalangan pengusaha,” kata Rokim.

Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini lebih lanjut mengungkapkan jika para pengusaha yang hendak maju di Pilwali Surabaya perlu memperhatikan beberapa aspek lainnya. “Kemampuan visioner saja kurang cukup,” ujarnya.

“Perlu bagi mereka untuk memiliki modal lain juga. Di antaranya adalah kemampuan memetakan masalah di Surabaya, lalu juga kemampuan memahami histori di Surabaya. Ini agar pembangunan di Surabaya ke depannya bisa lebih tepat sasaran dan maksimal,” pungkas Rokim.

Sebagai informasi, dari kalangan pengusaha, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya Jamhadi dinilai punya peluang menjadi bakal Calon Wali Kota Surabaya lewat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dalam Pilkada Surabaya 2020. Hal itu dikarenakan nama Jamhadi diusulkan oleh Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang DH. DPC PDIP Kota Surabaya yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Dominikus Adi Sutarwijono pun diprediksi bakal menjadikan langkah Jamhadi mendapatkan tiket PDIP di Pilwali Surabaya semakin mudah. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar