Politik Pemerintahan

Pengurus Dekranasda Pemkab Sampang Resmi Dilantik

Ketua Dekranasda Pemprov Jatim Arumi Bachsin dan Ketua Dekranasda Pemkab Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Ketua Deskranada Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin melantik 100 orang pengurus Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sampang, periode 2019-2024, di Pendopo Trunojoyo, Senin (23/9/2019).

Arumi Bachsin saat di pendopo mengatakan, bagi seluruh pengurus Dekranasda yang baru saja dikukuhkan diharapkan menjalankan program-program kerja penuh semangat. “Terpenting kita tetap optimis untuk memajukan segala bentuk kerajinan di Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Ia juga berharap agar pengurus Dekranasda sebagai mitra pemerintah yang memiliki berbagai program untuk memajukan kerajinan di Kabupaten Sampang, serta selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, swasta dan seluruh elemen masyarakat. “Sebagai mitra pemerintah harus bisa menjebatani kepentingan pengrajin maupun pihak swasta,” imbuhnya.

Lebih lanjut, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak tersebut berharap adanya kata-kata anggaran tidak dijadikan tembok atau batasan bagi Dekranasda, melainkan semua pihak harus mempunyai pola pikir bagaimana caranya supaya bisa berjalan. Karena apa yang dikerjakan sekarang mungkin sangat berarti bagi pengrajin di Kabupaten Sampang yang akan datang.

“Pembinaan yang saat ini kita lakukan secara terus menerus membuat kita bosan, akan tetapi bagi pengrajin hal itu menjadi manfaat yang luar biasa,” tagasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melalui Pj Sekda Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan mengatakan, kerajinan merupakan salah satu pundak ekonomi kreatif yang menjadi salah satu program prioritas.

“Saya memberikan atensi khusus terhadap segala aspek terkait perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sampang,” katanya.

Ia menambahkan bahwa Kabupaten Sampang memiliki banyak kerajinan yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi ekonomi kreatif. Selain batik, juga memiliki aneka kerajinan seperti anyaman bambu khas Kecamatan Kedungdung maupun makanan dan minuman khas Sampang.

“Peran Dekranasda merupakan lembaga Independen yang bermitra dengan pemerintah dalam membina pengembangan kerajinan yang berbasis pada warisan budaya,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Sampang yang baru saja dikukuhkan, agar dapat berperan aktif dan menjadi tanggung jawab moril untuk menciptakan para pengrajin dan pelaku usaha yang memiliki kreatifitas tinggi. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar