Politik Pemerintahan

Penghitungan di Kecamatan Selesai, Kotak Suara Pemilu 2019 Dikembalikan ke KPU

Sumenep (beritajatim.com) – Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai dikembalikan ke KPU Sumenep dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pengembalian menyusul selesainya rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan.

“Ada beberapa PPK yang telah menyelesaikan penghitungan suara tingkat kecamatan. Nah, mereka yang sudah selesai di tahapan itu kemudian mengirimkan kotak suara berikut logistik lainnya ke KPU,” kata Komisioner KPU Sumenep, Ach. Zubaidi, Rabu (24/04/2019).

Beberapa PPK yang mengembalikan kotak suara ke KPU di antaranya Kecamatan Gapura, Dungkek, Dasuk, Batuan, Giligenting, Manding, Ambunten, dan Rubaru.

“Sebagian besar yang sudah mengembalikan kotak suara ini dari wilayah daratan. Yang kepulauan baru Giligenting,” terangnya.

Namun memang, menurut Zubaidi, batas akhir rekapitulasi suara di tingkat kecamatan adalah tanggal 4 Mei 2019. Dengan demikian masih ada waktu bagi PPK untuk melakukan rekapitulasi dengan maksimal.

“Jadi PPK tidak perlu terburu-buru saat melakukan rekapitulasi agar tidak terjadi kesalahan. Toh batas akhir rekapitulasi tingkat kecamatan itu 4 Mei. Tetapi kalau memang rekapitulasi sudah selesai, ya logistik harus langsung dikembalikan ke KPU,” tandasnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan di antaranya merupakan kecamatan kepulauan. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar