Politik Pemerintahan

Panwascam Pilkada Sumenep 2020 Resmi Dilantik

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 81 Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 Sumenep, Sabtu (28/12/2019) resmi dilantik dan diambil sumpahnya di Pendopo Agung setempat.

Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris menjelaskan, pelantikan ini merupakan awal kerja Panwascam. Menurutnya, pengawas pemilu merupakan bagian yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Bahkan pengawas pemilu ini menjadi penentu pemilu yang adil, jujur, netral. Pengawasan harus dilakukan sesuai undang-undang yang berlaku,” katanya.

Ia menerangkan, Kabupaten Sumenep di tahun 2020 menjadi salah satu daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Karena itu, diamanatkan untuk membentuk panwascam di masing-masing kecamatan. Di Sumenep ada 27 kecamatan. Masing-masing kecamatan ada 3 anggota Panwascam,” paparnya.

Ia berharap agar para pengawas pemilu mampu semakin meningkatkan kinerjanya, dan menjadi wasit yang baik. Tidak sekedar ‘nyemprit’ yang melakukan kesalahan, tetapi juga wajib melakukan pencegahan dan memberi masukan-masukan.

“Bawaslu harus menjadi garda terdepan untuk pengawasan pemilu. Ini bisa dilakukan kalau semuanya kompak dan solid. Jadilah pengawas yang profesional dan tidak takut pada intimidasi oknum-oknum tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Ia pun meminta agar para pengawas pemilu melibatkan masyarakat untuk ikut aktif dalam upaya pengawasan pemilu.

“Masyarakat menjadi bagian yang menyangga kerja kita. Istilahnya pengawasan partisipatif. Tanpa dukungan masyarakat, pengawas pemililu tidak akan berarti apa-apa,” tandasnya.

Ia berharap agar proses pengawasan pemilu dalam Pilkada 2020 berjalan maksimal. Ia mewanti-wanti agar bawaslu tidak berpihak pada siapapun dalam melakukan pengawasan.

“Dalam Pemilu 2019, Sumenep menjadi satu-satunya labupaten di madura yang tidak ada perselisihan di Mahkamah Konstitusi (MK). Semoga saja untuk Pilkada 2020, juga berjalan lancar dan aman seperti harapan kita semua,” ucapnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar