Politik Pemerintahan

Pengadaan Kotak Suara, KPU Ponorogo Anggarkan Ratusan Juta

Ketua KPU Ponorogo Munajat [foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Untuk pemilihan bupati (pilbup) Ponorogo tahun 2020 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo berencana melakukan pengadaan ribuan kotak suara. Pengadaan dilakukan dengan cara lelang terbuka.

Anggaran ratusan juta disiapkan KPUD Ponorogo untuk pengadaan kotak suara tersebut. “Pengadaannya dengan lelang terbuka, anggarannya di atas Rp 200 juta,” Kata Ketua KPU Ponorogo Munajat, Jumat (14/2/2020).

Pengadaan kotak suara itu nantinya menyesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara. Satu TPS dijatah satu kotak suara, karena pemilihan tahun 2020 ini hanya satu yakni memilih bupati dan wakil bupati. Berbeda dengan tahun lalu, yang melakukan empat pemilihan sekaligus, sehingga membutuhkan lebih dari satu kotak suara.

“Data terbaru kami, TPS di Ponorogo diperkirakan berjumlah 1.750 titik, jadi jumlah kotak suaranya kemungkinan juga segitu,” katanya.

Munajat menyebut jika saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis mengenai pengadaan kotak suara dari KPU pusat. Karena segalanya diatur ketat. Mulai standar minimum, material yang akan digunakan. Dia mengungkapkan dalam petunjuk teknis itu, akan diatur semua.

Mengapa tidak memakai kotan suara yang tahun lalu? Munajat menjelaskan KPU Pusat tidak diperbolehkan untuk menggunakan sisa kotak suara yang sebelumnya. Maka dari itu, pihaknya sudah menjual semua kotak suara yang dipakai pada pemilihan sebelumnya. penjualannya pun juga melalui proses lelang. “Aturannya memang seperti itu, harus melakukan pengadaan kotak suara baru lagi,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar