Politik Pemerintahan

Merasa 1 Kursi Legislatif Raib

Pendukung Caleg PPP Datangi Kantor Kecamatan Kota Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah massa pendukung calon legislatif (caleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan, mendatangi Kantor Kecamatan Pamekasan (Kota) di Jl Trunojoyo, Rabu (24/4/2019).

Kedatangan mereka dilakukan sebagai upaya advokasi suara caleg dari partai politik (parpol) berlogo Ka’bah terhadap hasil rekapitulasi suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat, yang dinilai tidak sesuai dengan data internal.

Padahal mereka mengklaim daerah pemilihan daerah (dapil) 1 Pamekasan dan Tlanakan, mendapatkan dua kursi legislatif berdasar rekap internal parpol dalam proses pemilihan umum (pemilu) yang digelar serentak, Rabu (17/4/2019) lalu.

Hanya saja, hasil rekapitulasi di tingkat PPK justru berbanding terbalik dan memastikan parpol peserta pemilu nomor 10 hanya meraih satu kursi. “Kedatangan kami hanya sebagai upaya advokasi, guna memastikan suara partai,” kata Sekretaris DPC PPP Pamekasan, Wazirul Jihad.

“Jika terbukti ada manipulasi (hasil rekapitulasi suara hasil pemilu), jangankan banyak. Sedikit saja tetap akan kami tolak. Sebab kami sangat yakin PPP akan mendapat dua kursi di dapil 1 dan kami lengkap dengan bukti autentik dan valid,” tegasnya.

Dari itu pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, khususnya penyelenggara pemilu maupun pihak PPK untuk kembali melakukan pengecekan ulang. “Kami sudah koordinasi untuk melakukan pengecekan kembali,” ungkapnya.

“Besok (25/4/2019) kami akan melakukan evaluasi data dengan pihak terkait, kami akan mempersiapkan data valid (berdasar hasil rekapitulasi internal). Sebab kami yakin PPP dapat dua kursi di dapil 1,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, satu kursi parpol langganan pemenang pemilu di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam ‘justru’ raib berdasar hasil rekapitulasi tingkat PPK dan beralih ke parpol lain. Kondisi tersebut kontras dengan dengan data internal PPP yang berujung pada aksi advokasi dari pendukung caleg hingga jajaran pengurus parpol. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar