Politik Pemerintahan

Pendistribusian C6 KPU Sampang Diduga Belum Merata

Sampang (beritajatim.com) – Sebagian warga di Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, masih menunggu formulir C6 (surat pemberitahuan/undangan) untuk pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Salah satu warga Desa Kerampon Timur, Kecamatan Torjun, Pak Jaya menyampaikan, ada lima orang dalam satu keluarga tidak mendapat C6 dari penyelenggara Pemilu. “Termasuk saudara saya tidak dapat C6 sampai sekarang. Sementara, warga sekitar sudah banyak yang menerima,” terangnya, Selasa (16/4/2019).

Akibat kejadian ini, pihaknya menuding Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak profesional menjalankan tugas dan amanahnya. “Masyarakat sudah paham, jika penyelenggara khususnya tingkat PPS mendapat honor dari pemerintah. Jadi, bekerjalah dengan profesional dan lindungi hak suara rakyat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif mengaku, penyebaran C6 pemungutan suara sudah dilakukan sejak kemarin lusa. “PPS terus melakukan distribusi C6 sampai matahari terbenam sore nanti,” jelasnya.

Menurutnya, C6 bukan satu-satunya syarat wajib mencoblos peserta pemilu. Namun, masyarakat yang sudah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menunjukkan identitas kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau Kartu Keluarga (KK).

“Yang bersangkutan tidak membawa C6 tapi terdaftar di DPT, maka tetap wajib dilayani dengan membawa kartu identitas,” pungkasnya.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar