Politik Pemerintahan

Pemprov Jatim Dorong Bandara Abd Saleh Segera Internasional

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mendorong bandara Abdulrahman Saleh, Malang segera beralih status menjadi bandara internasional. Apalagi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjadikan peralihan status sebagai prioritas kinerjanya.

“Beberapa hal teknis dan pendukung terwujudnya bandara internasional di Malang ini akan menjadi perhatian dan prioritas kami sesuai dengan arahan ibu Gubernur Jawa Timur,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Fattah Jasin.

Fattah mengungkapan, bahwa perubahan status Bandara Abd Saleh merupakan keinginan masyarakat Malang Raya. Dorongan dari masyarakat itulah, yang membuat Pemprov Jatim ingin segera mewujudkannya dengan berkordinasi dengan Komandan Wing 2 Lanud Abdurachman Saleh, Kolonel Pnb Meka Yudanto.

“Ide awal mewujudkan bandara internasional ini merupakan keinginan murni dari masyarakat di Malang Raya sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk mewujudkannya sebagai bentuk pelayanan kami,” ujar Fattah.

Selain itu, Pemkot Malang, Pemkab Malang dan Pemkot Batu juga terlibat aktif dalam rencana perubahan status ini. Sebelumnya, telah dilakukan forum diskusi antara lintas instansi. Forum ini untuk membahas, Abd Saleh karena digunakan untuk kepentingan militer dan pertahanan negara serta kepentingan penerbangan sipil komersil, khususnya terkait pembagian jadwal penerbangan antara sipil dan militer

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, atas pertimbangan fungsi bandara hal-hal teknis perlu dibicarakan dan diupayakan solusi terbaik. Harapanya, agar seluruh kebutuhan baik sipil maupun militer dapat terlayani dengan baik. “Hal teknis lainnya terkait fasilitas bandara, panjang dan ketebalan aspal di landasan juga harus diperhatikan karena jika menjadi bandara internasional maka akan banyak pesawat besar yang masuk,” tandas Sutiaji. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar