Politik Pemerintahan

Dapat Kucuran Anggaran dari Kementrian PUPR

Pemkot Mojokerto Cari Alternatif Lokasi Pasar Baru

Mojokerto (beritajatim.com) – Dua pasar di Kota Mojokerto mendapatkan kucuran dana dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Yakni sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) Benteng Pancasila (Benpas) sebesar Rp10,6 miliar dan Pasar Prapanca sebesar Rp6 miliar.

Sehingga pengajuan anggaran yang sebelumnya sudah diajukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) kepada pemerintah pusat untuk rehabilitasi kedua pasar tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 akan dialihkan. Yakni masing-masing pasar sebesar Rp1,6 miliar.

Hal tersebut disampaikan Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari. “Disperindag mengajukan dana pembantuan dan DAK untuk pasar itu ada dua yakni sentra PKL dan Pasar Prapanca melalui aplikasi, masing-masing mendapat Rp1,6 miliar. Kemudian saya melakukan pendekatan dengan Pak Menteri,” ungkapnya, Senin (14/1/2019).

 

Sentra PKL Benpas dana pembantuan atau TP senilai Rp10,6 miliar yang akan digelontorkan pada tahun 2019 ini. Karena sentra PKL Benpas pernah mengalami kebakaran pada tahun 2017, sehingga, tegas Ning Ita (sapaan akrab, red) masuk kategori pasar terkena bencana.

“Kemendag direkomendasikan masuk ke PURP mendapat bantuan sebesar Rp10,6 miliar. Untuk Pasar Prapanca, dana DAK Rp1,6 miliar, saya ingin pasar ini menjadi pasar yang lebih bagus. Boso Jowo e, bangun iku mesisan, ojok asal bangun yang 1-2 tahun nggak karu-karuan karena ini untuk masyarakat,” katanya.

Pasar Prapanca mendapatkan Rp6 miliar juga akan digerojok di tahun 2019 ini. Untuk anggaran dua dana sebelumnya diminta untuk mencari lokasi pengalihan. Sehingga Pemkot Mojokerto langsung mencari titik lokasi dimana ada aset daerah yang diperbolehkan untuk dibangun setra ekonomi.

“Saya survei tiga tempat, Ketidur, Pulorejo dan Kedungsari. Alternatifnya nanti, dua dari tiga lokasi tersebut akan digunakan sebagai lokasi sentra ekonomi rakyat baru untuk pengalihan dana itu tadi. Sudah ada gambarnya pasar prototipe, ini nanti akan direalisasi di tahun 2019 ini,” pungkasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar