Politik Pemerintahan

Pemkot Malang Kunjungi Keluarga TKW Yordania, Pastikan Cari PJTKI Pengirim

Malang (beritajatim.com) – Wakil wali kota Malang, Sofyan Edi mengunjungi Tenaga Kerja Wanita (TKW), Diah Angraeni (36 tahun) warga Jalan Laksamana Martadinata gang 6 RT 15 RW 02, Kotalama, Kota Malang, Rabu, 13 Februari 2019.

Diah adalah TKW yang ditemukan setelah 12 tahun tanpa kabar di Yordania. Diah berhasil kabur dari majikan dan meminta pertolongan KBRI. Diah juga tidak digaji bahkan dilarang keluar rumah selama 12 tahun. “Kita belum tahu PJTKI mana yang kirim mbak Diah ke Yordania. Kami akan identifikasi PJTKI pengirim Diah ke Yordania,” kata Sofyan Edi.

Selain itu, Dinas Ketenagakerjaan bakal mengawal kasus Diah hingga tuntas. Sesampainya di Indonesia Diah bakal dimintai keterangan terkait prosedur keberangkatan hingga PJTKI yang menyalurkan jasa TKW. “Nanti setelah Diah sampai Malang kami juga akan menggali informasi itu. Akan kami beri sanksi bagi PJTKI yang melanggar aturan,” papar Sofyan Edi.

Sofyan Edi mengatakan, kini keluarga sudah bisa berkomunikasi langsung dengan Diah. Rencananya hari ini Diah bakal mencari tiket penerbangan menuju Indonesia. Pihak KBRI dan P4TKI juga telah memfasilitasi Diah agar tetap menerima gaji yang belum terbayar dari majikan.

“Kondisinya baik-baik saja di KBRI. Sudah dijadwalkan hari ini pembelian tiket nanti penjadwalan penerbangannya menyesuaikan dengan tiket yang didapat itu. Gaji sudah diupayakan diselesaikan oleh majikan disana,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar