Politik Pemerintahan

Pemkab Ponorogo Butuh Anggaran Rp 25 Milyar untuk Pilbup 2020

Ponorogo (beritajatim.com) – Tahun 2020 Ponorogo melaksanakan pemilihan bupati. Tentu saja, anggaran besar akan dipersiapkan jauh-jauh hari guna mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan di bumi reyog. Sebab dari hitung-hitungan sementara, Pemkab Ponorogo membutuhkan anggaran minimal Rp 25 miliar untuk hajatan tersebut.

“Ada dua opsi untuk mencukupi kebutuhan anggaran untuk pilbup 2020 nanti,” kata Sekda Agus Pramono, Kamis (27/6/2019).

Opsi pertama, kata Agus, dengan mencicil hibah kepada KPU sejak APBD-P 2019. Meski itu kecil kemungkinannya, karena ada anggaran yang tidak boleh diutak-atik di APBD-P nanti. Dia menyebut kemampuan APBD-P sekitar Rp 130 miliar. Dari sekian itu, yang tidak bisa diapa-apakan sekitar Rp 50 miliar lebih. “Namun bupati mengistruksikan untuk diangsur mulai tahun ini, ya akan kami persiapkan,” katanya.

Opsi kedua, anggaran disiapkan penuh di 2020. Namun, pemkab harus berkejaran dengan waktu. Karena usulan anggaran pilbup 2020 sudah harus disiapkan masuk dalam plafon anggaran sementara APBD 2020 mendatang.

Akan tetapi hingga sekarang, pembahasan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) bahkan belum dilakukan antara tim anggaran pemkab dan DPRD. “Kami optimistis, Insyaallah sebelum teman-teman DPRD yang sekarang ini masa jabatannya habis, APBD-P dan APBD induk 2020 sudah selesai dibahas,” harapnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar