Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Sediakan Rp 1,25 M untuk Pengusaha Muda

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemkab Pamekasan menyediakan dana sebesar Rp 1,25 miliar untuk membantu modal usaha bagi wirausahawan muda yang hendak mengembangkan usaha di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal tersebut sekaligus sebagai upaya mensukseskan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Badrut Tamam dan Raja’e yang dicanangkan pada masa kampanye, beberapa waktu lalu.

“Bupati Pamekasan menginginkan dalam kurun waktu lima tahun kedepan, tercetak sebanyak 10 ribu wirausahawan muda baru di kabupaten Pamekasan,” kata Kepala Bagian Perencanaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan, Muklison, Selasa (15/5/2019).

Dari itu, para pemuda yang berminat mengembangkan usaha nantinya bisa mengajukan proposal usaha yang ditujukan kepada pemkab Pamekasan. “Dalam proposal tersebut, nantinya juga dijelaskan secara detail jenis usaha yang direncanakan,” ungkapnya.

“Selanjutnya, pemkab Pamekasan akan melakukan berbagai kajian sekaligus uji kelayakan usaha yang digagas. Sekaligus mengkaji peluang usaha yang diusulkan oleh para calon penerima bantuan,” Imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menumbuhkan minat usaha kalangan generasi milenial di Pamekasan. Terlebih selama ini yang menjadi orientasi kerja sebagian pemuda hanya menjadi Aparatur Sipil Negara alias PNS.

“Prinsipnya peluang dan keuntungan di dunia usaha jauh lebih menjanjikan dibandingkan pekerjaan sebagai ASN yang jumlahnya justru sangat terbatas, dari itu pemerintah mendorong agar para pemuda menggeluti bidang usaha,” jelasnya.

Tidak hanya itu, selain modal bantuan usaha dalam bentuk uang. Pemkab Pamekasan juga bakal memberikan pelatihan keterampilan kepada para pemuda dengan menggandeng para pengusaha muda yang telah sukses dari sejumlah kabupaten di Jawa Timur.

Sebelumnya Bupati Badrut Tamam, juga menyampaikan komitmennya untuk merealisasikan janji politik yang disampaikan saat kampanye. Salah satunya mencetak 10 ribu pengusaha muda dengan durasi waktu bertahap dan dilakukan setiap tahun. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar