Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Komitmen Fasilitasi Sentra dan Usaha Batik

Bupati Pamekasan Badrut Tamam, didampingi Wakil Bupati Raja'e dan Pj Sekda Mohammad Alwi mengecek Branding Batik Mobil Dinas di area Monumen Arek Lancor, Senin (7/1/2019).

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan komitmen memfasilitasi sentra dan usaha batik demi menunjang perkembangan sektor ekonomi di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal itu disampaikan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam usai kegiatan konvoi ‘mobil batik’ dalam rangka ‘Launching Mobil Batik’ yang melibatkan sekitar 90 kendaraan dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, Senin (7/1/2019).

“Tugas utama pemerintah kabuaten Pamekasan adalah memfasilitasi sentra dan usaha batik agar terus berkembang maju dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan sektor ekonomi Pamekasan,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Gagasan tersebut nantinya bakal diterapkan pembinaan, perbaikan infrastruktur sentra batik dan bantuan teknologi demi mewujudkan Pamekasan Bhejre, Rajjhe tor Parjhuge. “Berdasar data 2016, ekonomi Pamekasan didominasi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan mencapai 35,66 persen. Disusul sektor perdagangan besar dan eceran 19,61 persen, dan sektor konstruksi dengan kontribusi sebesar 10,12 persen,” ungkapnya.

“Sementara usaha batik hanya menyumbang 1 hingga 2 persen dalam sektor industri di Pamekasan, dan industri (batik) ini juga memiliki kaitan erat dengan beberapa program yang kami gagas. Seperti industri kreatif yang saat ini relevan di era industri 4.0, termasuk program wirausahawan baru dan beberapa jenis program lainnya,” jelas Ra Badrut.

Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong berkembangnya industri batik di Pamekasan. Salah satunya melalui pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM), tekhnologi serta sektor pemasaran. “Hanya saja hal ini dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan batik, mencintai produk lokal serta mempromosi batik Pamekasan ke level nasional maupun internasional,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar