Politik Pemerintahan

Pemkab Malang Tunggu Status Internasional Bandara Abd Saleh

Malang (beritajatim.com) – Peningkatan status Bandara Abdul Rachman Saleh (Abd Saleh) menjadi bandara internasional masih terus ditunggu Pemerintah Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM.Sanusi berharap, peningkatan status tersebut bisa segera direalisasikan. “Kita yang di kabupaten, berharap semoga itu cepat selesai. Ya kita sifatnya hanya memohon, karena kita tidak punya kewenangan itu. Memohon kepada Presiden, memohon kepada Gubernur, untuk segera terealisasi,” ujar Sanusi, Senin (9/12/2019).

Sanusi menegaskan, belum ada pertemuan khusus untuk membahas mengenai peningkatan status Abd Saleh itu.

“Belum, belum ada pertemuan secara khusus tentang bandara ini,” katanya.

Bila Abd Saleh naik status menjadi bandara internasional, ucap Sanusi, maka dampaknya akan dirasakan, tidak hanya masyarakat Kabupaten Malang tapi juga Malang Raya.

“Ya kita berharap itu segera terwujud. Karena kita yang akan mendapatkan manfaat bila bandara itu menjadi bandara internasional,” tutupnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto menuturkan jika peningkatan status bandara tersebut sebaiknya memang segera dilakukan.

“Semakin cepat, semakin bagus. Kenapa? Pada saat ini, nanti bisa ditingkatkan pengelolaannya, bahkan pengelolaannya bisa ditangani langsung oleh Angkasa Pura. Ini sesuatu yang luar biasa. Daerah lain, kota-kota kecil itu bisa dikelola Angkasa Pura, mengapa Kabupaten Malang dengan segala potensi sumber daya alam ini masih kelola provinsi. Menurut kami ini sebagai catatan, yang harus ditangkap Kementerian Perhubungan,” beber Didik.

Senada dengan Sanusi, Didik juga mengatakan jika peningkatan status bandara Abd Saleh akan sangat luar biasa membawa dampak di Kabupaten Malang.

“Menurut saya memiliki akses yang luar biasa. Satu, di bidang kepariwisataan. Kedua, di bidang industri. Ketiga di bidang pendidikan. Dan yang berikutnya di bidang pertanian. Kita semuanya punya,” Didik mengakhiri. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar