Politik Pemerintahan

Pemkab Cilacap Study Referensi Program Pelayanan Publik ke Pemkab Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Prestasi peringkat ketiga Predikat Kepatuhan Tinggi Ombudsman Republik Indonesia pada tahun 2018 yang diraih Pemerintah Kabupaten Kediri, menjadi contoh serta acuan bagi Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap melaksanakan study referensi atau belajar untuk mencari informasi mengenai kepatuhan pelayanan publik yang telah diraih oleh Kabupaten Kediri. Kegiatan study referensi Pemerintah Kabupaten Cilacap dipimpin oleh Asisten Administrasi Sekretaris Daerah serta diikuti Direktur RSUD Cilacap dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Cilacap.

Rombongan tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri serta Kepala Dinas dari beberapa Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri di Wisma Tamu Pemkab Kediri.

Study referensi ini bertujuan untuk berdiskusi bersama terkait kepatuhan pelayanan publik Kabupaten Kediri yang telah dievaluasi oleh Ombudsman Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kab. Cilacap, Drs. Indro Cahyono, MM.

“Pelayanan publik yang akan dipelajari ini berkaitan dengan bagaimana birokrasi nantinya bersih, akuntabel, efektif, efisien serta berkompetensi yang akan menjadi fokus kita,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Dede Sujana menyambut baik kunjungan Pemkab Cilacap ini. Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kediri sebelumnya juga pernah berada di zona merah untuk kepatuhan pelayanan publik. Setelah itu Bupati beserta seluruh jajaran langsung berupaya memenuhi indikator-indikator dan standar pelayanan publik.

“Kami menjalankan upaya tersebut tidak berpacu pada peringkat, namun tidak disangka upaya tersebut membuahkan hasil yaitu Pemkab Kediri mendapat peringkat tiga,” ucapnya.

Setelah study referensi ini, Pemkab Cilacap berharap dapat mengaplikasikan upaya serta program pelayanan publik di seluruh satuan kerja Pemkab Cilacap sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakatnya. Selain itu tali silaturahmi antar pemerintahan daerah ini akan terus terjalin dengan baik. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar