Politik Pemerintahan

Pemaparan Keamanan Pemilu Gunakan Permainan Taktis

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, Polres Bojonegoro memaparkan metode pengamanan melalui permainan taktis (Tactical Floor Game/TFG) operasional sistim pengamanan kota, Kamis (14/3/2019) di halaman Mapolres Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengatakan, TFG merupakan sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai. Tujuannya agar mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

“Tujuan dilaksanakannya giat TFG Operasional Latihan Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing,” ujar Kapolres.

Kapolres berpesan agar masing-masing instansi bisa melaksanakan persiapan secara maksimal baik personel maupun peralatan dalam rangka pelaksanaan Sispamkota dan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pam Pemilu 2019. Selain itu, agar seluruh Kapolsek dan stake holder mengetahui langkah yang diambil saat terjadi kejadian.

“Kerjasama yang baik antara Kapolsek, Danramil dan Kepala Instansi terkait untuk mengendalikan anggotanya, karena melibatkan personel yang banyak,” pesan Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro yang diwakili oleh Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad mengatakan, dalam melakukan pengamanan Pemilu 2019, anggota Kodim 0813 akan disiagakan di beberapa titik untuk melakukan back up pengamanan.

“Masing-masing yang dituakan bertanggungjawab atas anggotanya dan mantapkan tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota dalam pelaksanaan Sispam Kota,” ujarnya.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munib mengatakan, tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 telah memasuki masa kampanye. Logistik Pemilu 2019 telah di distribusikan ke masing-masing Dapil dan di simpan di gudang khusus yang mendapat pengamanan dari aparat Kepolisian.

“Harapan dari KPU agar Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan sukses. Indikator kesuksesan Pemilu 2019 yaitu tahapan aman, suasana kondusif dan tidak ada sengketa,” terangnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Moch Zaenuri mengatakan, Bawaslu dalam Pemilu 2019 tanggung jawab dan wewenangnya adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan. Dalam prakteknya nanti akan menugaskan anggota Bawaslu untuk turun sampai tingkat TPS.

“Pada saat pelaksanaan pencoblosan langsung terjun ke TPS untuk mempercepat proses penanganan perkara terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019,” ujarnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar