Politik Pemerintahan

Pelantikan Wakil Bupati Malang Tunggu Keputusan Mendagri

Malang (beritajatim.com) – Setelah dipilih DPRD Kabupaten Malang, Rabu (9/10/2019), sebagai Wakil Bupati Malang sisa masa jabatan 2016-2021, Mohammad Soedarman masih harus menunggu surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Teknisnya, usai terpilih, HM.Sanusi selaku Bupati Malang akan menggelar rapat penetapan. Dari sini nantinya, Soedarman akan menerima SK dan disampaikan pada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah. Selanjutnya, Gubernur Khofifah mengirimkan SK pengangkatan Soedarmawan pada Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Jika disetujui, Mendagri pun mengeluarkan SK untuk penetapan sekaligus pelantikan Soedarmawan sebagai Wakil Bupati Malang mendampingi HM.Sanusi.

Menanggapi terpilihnya Dosen STIE Malangkucecwara sebagai Wabup Malang, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Malang, Darman berpandangan bahwa itu sesuatu yang wajar dan sesuai mekanisme. Dengan adanya Wakil Bupati terpilih, kata Darman, merupakan hal yang bagus untuk memaksimalkan kinerja Pemerintah Kabupaten Malang.

“Kabupaten Malang pastinya akan lebih baik dengan adanya Wabup terpilih, dari pada kosong. Dan yang paling penting nanti, pada sisa masa jabatan tahun 2021, pemerintah tetap fokus menyelesaikan RPJMD,” tegas Darman.

Hal serupa juga disampaikan Fraksi NasDem. “Kami menyambut baik atas terpilihnya Wabup Malang yang baru. Wabup terpilih ini sangat diperlukan, mengingat Kabupaten Malang begitu luas. Ketika ada suatu agenda bersamaan, bisa saling berbagi tugas untuk melengkapi pemerintahan,” beber Amarta Faza, Anggota DPRD Kabupaten Malang dari Fraksi NasDem.

Faza menambahkan, Wabup yang terpilih merupakan dari kalangan akademis yang notabene sangat diperlukan. “Jadi kalau Bupati dari kalangan politis yang cenderung praktik dilapangan, bisa berpadu dengan riset akademis,” pungkasnya. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar