Politik Pemerintahan

Pelajar di Kediri Dapat Materi Perpajakan dari Anggota DPR RI

Kediri (beritajatim.com) – Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari memberikan pemahaman kepada para pelajar Madrasah Aliyah Sejahtera (MAS) di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, tentang pentingnya membayar pajak. Acara tersebut dikemas dalam bentuk talkshow.

“Menekankan bagaimana menjadi warga negara yang baik. Dia paham jika tidak membayar pajak tidak bisa membiayai keperluan dan kepentingan mereka. Tahu yang bayar pajak masih sedikit, kepatuhan rendah,” kata Eva.

Menurut Eva, kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya kaum milenial dalam membayar pajak. Pasalnya, uang pajak akan dikembalikan untuk pembiayaan kepentingan rakyat.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pengetahuan tentang pajak sangat perlu bagi anak-anak. Pengetahuan ini termasuk kecerdasan numerik, tentang angka-angka, sehingga mereka juga mengetahui bagiamana mengelola negara dengan APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara). Materi ini secara rinci belum diajarkan di sekolah maupun kampus.

Masyarakat sebagai wajib pajak harus meningkatkan tingkat kesadaran pribadi bahwa negara ini merupakan rumah bersama. Sehingga penting untuk membiayai bersama, salah satunya lewat pajak. Eva menekankan agar sistem pajak harus terus direformasi, dikelola secara transparan, mudah, sehingga orang tidak kesulitan membayar pajak.

Terpisah, Ketua Yayasan MA Sejahtera, Muhamad Komar merespon positif kegiatan tersebut. Menurutnya, materi sosialisasi tentang perpajakan memiliki kesamaan dengan salah satu visi dan misi MA Sejahtera. Dimana, sekolah ingin mendidik siswa-siswinya menjadi seorang pengusaha.

“Saya yakin anak-anak belum mengerti tentang persoalan ini. Sehingga ketika nanti jadi pengusaha harus tahu kewajiban bernegara dengan membayar pajak,” ungkapnya. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar