Politik Pemerintahan

Pelabuhan Taddan Mulai Beroperasi Tapi Minim Sosialisasi

Km Dharma Kartika III bersandar di Pelabuhan Taddan Melayani Penyebrangan Sampang-Probolinggo

Sampang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sampang, Kamis (12/9/2019), mulai mengoperasikan Pelabuhan Taddan yang berada di Desa Taddan, Kecamatan Camplong. Pelabuhan melayani penyeberangan dari pelabuhan ke Pulau Mandangin hingga menuju pelabuhan di Kabupaten Probolinggo.

Kapal yang digunakan untuk penyeberangan tersebut jenis Kapal Motor Dharma Kartika III. Sayangnya, rata-rata masyarakat tidak mengetahui bahwa pelabuhan yang baru selesai dibangun itu sudah beroperasi dan melayani penyeberangan.

Wardah (29) salah seorang warga Pulau Mandangin Kecamatan Sampang, mengaku senang karena pelabuhan sudah beroperasi. Dengan adanya kapal feri penyeberangan laut bisa menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

“Sosialisasinya kurang. Padahal ini sangat membantu warga yang ingin menyeberang,” ujarnya.

Dirinya berharap agar Pemkab melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pengoperasian pelabuhan. Tujuannya, agar masyarakat bisa tahu dan menikmati pelayanan pelabuhan yang telah menelan anggaran ratusan milyar tersebut.

“Setiap hari banyak warga Mandangin maupun dari Sampang melakukan penyebrangan untuk keperluan aktifitas seperti guru yang mengajar, belanja bahkan siswa sekolah dan kalau memang pelabuhan itu sudah bisa dioprasikan seharusnya pemerintah aktif melakukan sosialisasi,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang M. Zuhri mengatakan, pengoperasian pelabuhan Taddan masih dalam tahap uji coba. KM Dharma Kartika III melayani rute Sampang-Mandangin dan Sampang-Probolinggo. Dengan jadwal pemberangkatan kapal dari pelabuhan seminggu sekali. Ongkos atau karcis kapal sangat murah karena disubsidi pemerintah Provinsi Jawa Timur, semisal menempuh rute Sampang-Probolinggo cukup dengan membayar Rp 5.500.

“Ini pelayanan penyeberangan pertama dan masih uji coba. Nanti kami akan evaluasi hal-hal yang masih kurang,” tandasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar