Politik Pemerintahan

Pegawai Non PNS dan CPNS Tuban Tak Dapat THR

Foto ilustrasi

Tuban (beritajatim.com) – Sesuai dengan peraturan pemerintah, pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke 14 bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Tuban akan diberikan pada Jumat (24/5/2019).

Namun, pencairan tidak ini tidak berlaku bagi non PNS dan juga CPNS. Para pegawai Non PNS tersebut tidak mendapatkan THR atau gaji 14 lantaran belum ada regulasi yang mengaturnya.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Tuban, Rini Indrawati menyatakan bahwa pencairan untuk THR yang akan diterima oleh setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah sesuai dengan gaji mereka.

“Untuk Besaran THR yang diterima oleh ASN meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan,” terang Rini Indrawati, Kamis (23/5/2019).

Rini menjelaskan bahwa pemberian THR tersebut didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian THR kepada PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan yang telah ditandatangani oleh Presiden RI pada tanggal 6 Mei 2019. “Besaran THR didasarkan atau disesuaikan dengan gaji pokok dua bulan sebelumnya,” sambung Rini.

Terkait dengan pegawai yang masih berstatus CPNS Kabupaten Tuban sebagaimana PP No. 36  Tahun 2019 tersebut, belum termasuk yang bisa mendapatkan THR. Pasalnya di dalam PP itu syarat dalam pemberian THR adalah minimal 2 bulan sebelum hari raya telah mendapatkan penggajian dari pemerintah.

“Sementara untuk CPNSD Kabupaten Tuban baru mendapatkan penggajian pada Mei 2019. Pegawai Non PNS juga tidak termasuk yang mendapakan THR atau Gaji Ke-14, karena belum ada regulasinya,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar