Politik Pemerintahan

Pecahkan Kendi, Menhub Berangkatkan Kapal Mudik Gratis ke Pulau Kangean Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memberangkatkan kapal mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget Sumenep ke Pulau Kangean, Senin (03/06/2019). Prosesi pemberangkatan itu ditandai dengan memecahkan kendi ke dinding kapal.
Mudik gratis tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Mudik gratis itu menggunakan kapal Ekspress Bahari 9C, memuat 340 penumpang, sesuai kapasitas maksimal kapal. “Mudik tahun ini secara umum jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sejauh ini tidak ditemukan masalah-masalah yang berarti,” kata Budi Karya.
Kapal mudik gratis ke Pulau Kangean

Menurutnya, dari hasil evaluasi,  pelayanan mudik di Madura selama tiga tahun terakhir dinilai tidak maksimal. Karena itu, pemerintah memberikan bantuan 5 kapal untuk dioperasikan di wilayah Madura.

“Kami harus mulai menyelesaikan persoalan-persoalan di daerah yang tingkat kesulitannya tinggi seperti di Sumenep. Tahun ini harus menjadi pelajaran tahun berikutnya,” ujar Budi Karya.
Ia mengaku juga bekerja sama dengan pemerintah daerah, untuk mengatasi persoalan angkutan lebaran. “Sekarang ini relatif tidak ada persoalan. Hanya saja kemarin kapal sempat mengalami keterlambatan karena ombak besar. KSOP memang diminta tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar apabila terjadin cuaca buruk,” ujar Budi Karya. (tem/kun)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar