Politik Pemerintahan

Pasca Pemilu, MUI Trenggalek Imbau Jaga Kerukunan

Trenggalek (beritajatim.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Trenggalek dan para tokoh ulama setempat memberikan apresiasi terhadap kinerja penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan. Menurut pandangan mereka, pesta demokrasi serentak 2019 di ‘Kota Tempe’ tersebut berjalan demokratis dan kondusif.

Tolak ukur ini dapat dilihat dari kiner KPU, sebagai lembaga independen yang telah melaksanakan tugasnya secara baik dalam hal melayani masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Sehingga sejumlah tokoh agama juga memberi apresiasi terhadap kinerja KPU.

Ketua MUI Kabupaten Trenggalek, KH. dr Syafi’i memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019. Pihaknya menilai semua komponen penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu, PPS dan PPK sudah bekerja berupaya maksimal untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan transparan.

“Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 Kabupaten Trenggalek beberapa waktu telah berjalan dengan baik,” tegasnya.

Disamping itu, Kiai Syafi’i juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama tetap menjaga kerukunan demi terwujudnya persatuan.

“Mari kita tetap menjaga kerukunan dan perdamaian, hindari hal-hal yang berbau isu provokatif yang dapat memecah persaudaraan kita,” himbaunya.

Terpisah, Habib Mustofa Sayyidi Baraqbah asal Jogjakarta juga menitipkan pesan yang sama kepada semua pihak agar sekiranya dapat menahan diri dan menunggu hasil keputusan dari KPU pusat nantinya.

“Kita sebagai warga Negara Republik Indonesia menunggu dengan sabar dan menerima dengan legowo siapa pun yang jadi, kita dukung untuk menjadikan Indonesia lebih kaya lagi,” pesannya usai mengisi ceramah agama di Gandusari, Trenggalek.

Habib Mustofa Sayyidi Baraqbah menilai pelaksanaan Pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik dan semua elemen yang terlibat sudah menjalankan tupoksinya dengan benar.

Untuk diketahui, pelaksanan Pemilu 2019 di Kabupaten Trenggalek sudah selesai. Tahapan pelaksanaan Pemilu diakhiri dengan rangkaian kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara, Senin (29/4/2019) lalu. [nng/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar