Politik Pemerintahan

Parade Seribu Becak, Bukti Kekuatan Jokowi di Rakyat Kecil

Surabaya (beritajatim.com) – Ingin membuktikan betapa hebatnya kekuatan dukungan akar rumput atau rakyat kecil kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin, relawan Paslon 01 menggelar Parade 1.000 Becak di Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (23/3/2019).

Acara yang juga diramaikan politisi asal NasDem, Hayono Isman ini diinisiasi oleh Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) dan Barkod Jokowi Jawa Timur.

Ketua Bara JP Jawa Timur, Giyanto Wijaya menegaskan, acara ini sengaja digelar untuk menunjukkan antusiasme masyarakat bawah yang memang ingin Jokowi memimpin kembali Indonesia lima tahun ke depan.

Pada survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (19/3/2019) lalu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di angka 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi di kisaran 37,4 persen. Dengan elektabilitas di bawah 50 persen ini, Jokowi disebut-sebut tengah ‘dihukum’ rakyat. Apakah benar?

Giyanto membantah pernyataan sejumlah pihak yang menyerang petahana terkait hal itu. Ini karena survei tidak bisa menggambarkan kondisi riil di bawah yang sangat luar biasa.

Ini dibutikan dengan hadirnya seribu pengayuh becak di acara yang digelar Bara JP dan Barkod Jokowi. “Ya, artinya kita mau menunjukkan bahwa di Jatim, khususnya Surabaya, bahwa rakyat bawah, yang paling bawah, bapak becak ini termasuk strata yang paling bawah, begitu mecintai Bapak Presiden kita dan ingin melanjutkan sekali lagi,” tutur mantan pendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jawa Timur ini.

Sehingga, menurut Giyanto, dengan menghadirkan 1000 becak di acara ini, sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa Jokowi masih dicintai rakyatnya, khususnya kalangan akar rumput.

Sebagai bukti, katanya, di acara Parade 1000 Becak ini, kendati kondisi hujan, peserta tetap bersemangat mendukung Paslon 01. “Artinya apa? antusiasme yang kita dapat, wah luar biasa! Betul-betul luar biasa sekali,” tegasnya.

Terkait kehadiran Hayono Isman di acara ini, Giyanto menyebut, bahwa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu ingin ikut meramaikan acara.

Selanjutnya, menjelang petang, para pengayuh becak di Kota Pahawan ini mengarak becak ke Jalan Tunjungan untuk bergabung dengan acara Tunjungan Colorful Festival yang digelar pada malam harinya oleh relawan yang lain, salah satunya relawan Forum Alumni Jatim (FAJ) #01. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar