Politik Pemerintahan

Pantau TPS, Bupati Tuban Nyatakan Pilpres Lancar

Tuban (beritajatim.com) – Untuk mengetahui secara langsung situasi dan kondisi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang berlangsung hari ini, Bupati Tuban terjun ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di beberapa Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Rabu (17/4/2019).

Dari hasil peninjauan secara langsung di masyarakat, H Fathul Huda, Bupati Tuban menyatakan bahwa pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 di berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Selain itu antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya juga terbilang tinggi.

Sebelum melakukan kunjungan, Bupati Tuban bersama dengan istrinya menggunakan hak pilihnya di TPS 17 Kelurahan Latsari, Kota Tuban. Dengan menggunakan baju putih itu kemudian Bupati melanjutkan keliling sedikitnya di lima TPS yang ada di lima kecamatan di Tuban Bumi Wali itu.

“Kita melakukan pemantauan ke TPS guna mengetahui secara langsung situasi dan kondisi penyelenggaraan pemilihan umum yang berlangsung serentak untuk pertama kalinya ini,” terang Fathul Huda, Bupati Tuban.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuban mengungkapkan bahwa dari beberapa TPS yang dikunjungi, pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik, tertib dan lancar. Bahkan yang sempat menjadi kekhawatiran adalah warga kesulitan untuk mencoblos lantaran jumlah surat suara berjumlah lima dan berukuran besar hingga sulit untuk dilipat.

“Semua berjalan dengan lancar dan tertib. Yang sempat menjadi kekhawatiran, seperti dengan jumlah surat suara yang harus di coblos serta ukurannya yang sangat besar sehingga sulit saat di lipat. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar,” tambah Bupati Tuban.

Bupati Tuban juga memberikan apresiasi kepada beberapa TPS yang mengemas Pemilu ini dengan kreatif untuk menarik masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Seperti TPS yang menyediakan doorpraise kebutuhan rumah tangga untuk ibu-ibu dan rokok untuk bapak-bapak dan TPS yang kemas dengan nuansa Pramuka.

“Yang harus kita syukuri bersama adalah partisipasi yang baik dari masyarakat, sekitar 70 persen lebih tingkat kehadiran di TPS. Setiap orang pasti memiliki pilihan masing-masing, sehingga siapapun yang nanti terpilh harus dihormati bersama. Dan yang harus diutamakan adalah persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Bupati Tuban dua periode itu.

Sementara itu, peninjuan proses pemilu 2019 di sejumlah TPS di Tuban juga dilakukan oleh Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban. Wakil Bupati Tuban melakukan tinjauan di lima TPS di Kecamata Rengel, Kecamatan Grabagan,
dan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dan hasilnya tidak menemukan adanya kendala dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini. [mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar