Politik Pemerintahan

Pancing Minat Pemilih, TPS Ini Bernuansa Arabian

Sumenep (beritajatim.com) – TPS 27 Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep memilih tema ‘Arabian Style’ untuk menarik minat masyarakat datang ke TPS menyalurkan hak suaranya.

Seluruh petugas KPPS di TPS ini berdandan a la Arab, menggunakan jubah putih dan surban. Bahkan tulisan-tulisan seperti kotak suara, bilik suara, ketua panitia, juga ditulis dalam bahasa Arab selain bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu. Di TPS ini juga disajikan suguhan berbuansa Arab seperti kurma. Selain itu juga diselingi menu khas Madura seperti minuman ‘pokak saripah’ dan makanan kecil berupa ‘korket cenge’.

“Ide Arabian Style ini diilhami dari peringatan Isro’ Mi’raj beberapa waktu lalu, sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” kata Ketua KPPS TPS 25 Desa Kolor, H. Komar, Rabu (17/04/2019).

Ia menjelaskan, untuk membuat TPS bernuansa Arabian dan menyuguhkan kuliner perpaduan Arab dan Madura, dana dari KPU Sumenep tidak cukup. Karena itu, warga secara suka rela ‘urunan’ untuk kekurangan dananya.

“Semua pemilih dipersilahkan kalau mau menikmati hidangan Arab dan Madura yang sudah kami sajikan. Kalau soal anggaran ya memang yang dari KPU tidak cukup. Jadi kekurangannya swadaya masyarakat,” ucapnya.

Petugas KPPS berdandan Arabian Style

Sedangkan untuk busana bagi petugas KPPS, semuanya swadaya masing-masing petugas. “Jadi kami beli sendiri, jubah dan sorban yang kami kenakan. Ini demi memancing minat masyarakat datang ke TPS,” ujarnya.

Keunikan TPS tersebut juga mendapat perhatian Bupati Sumenep, A. Busyro Karim. Bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menyempatkan diri melihat langsung TPS unik tersebut. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar