Politik Pemerintahan

Pakde Karwo: Ibu Khofifah dan Mas Emil yang ‘Melanjutkan Kapal Menuju Pelabuhan’

Surabaya (beritajatim.com) – Menjelang berakhirnya jabatan pada Selasa (12/2/2019) besok, Gubernur Jatim Soekarwo berpamitan dengan seluruh unsur Forkopimda Jatim dan 38 bupati/walikota di Jatim.

Acara pamitan itu digelar pada malam purna tugas yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Senin (11/2/2019) malam.

“Mohon pamit, mulai Selasa besok pukul 24.00 sudah berhenti dan nanti Ibu Khofifah dan Mas Emil yang akan melanjutkan kapal menuju pelabuhan yang diidamkan masyarakat Jatim ini,” kata Pakde Karwo.

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo juga melaporkan kepada Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim terpilih Emil Dardak bahwa masyarakat Jatim adalah masyarakat yang sangat plural, baik itu suku ras agama dan pandangan kelompok politiknya.

“Di Jatim, masyarakat yang beragam tersebut bisa hidup berdampingan secara berdampingan dan damai. Tidak berlebihan saya kira, jika saya menyebut Jatim inilah Indonesia mini yang dicita-citakan pendiri republik,” tutur Pakde Karwo.

Menurut Pakde, salah satu kunci dari kondusivitas tersebut adalah cara menerima segala hal masyarakat Jatim dengan cara dialog, silaturahmi dan Musyawarah mufakat.

“Dan itu menjadi kultur, 10 tahun bersama Pak Halim (Ketua DPRD Jatim) belum pernah voting, memang lama untuk musyawarah mufakat, tapi itu lah nilai yang harus kita hormati,” jelasnya.

Selama 10 tahun menjabat, Pakde Karwo mengungkapkan dirinya dikelilingi oleh teman-teman stakeholder yang hebat.

Sebagai salah satu contohnya, pada tahun 2010, Pakde Karwo mencanangkan untuk menghapus lokalisasi Dolly yang langsung direspon dengan cepat oleh Ketua MUI Jatim dengan membentuk Ikatan Dai Lokalisasi.

Pakde berharap silaturahmi antara ia dan semua pihak yang telah membantu dirinya selama 10 tahun memimpin tidak pernah berhenti.

“Berteman itu seperti air mancur yang ditebas dengan pedang setajam apapun tidak akan putus dan terus mengalir,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar