Politik Pemerintahan

Oktober, PKB Lakukan Survei Awal Pilkada Jember

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa akan melakukan survei awal untuk mengetahui aspirasi masyarakat terkait figur calon kepala daerah yang dikehendaki pada Oktober mendatang.

Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Syaiful Bahri Anshori mengatakan ada tiga tahap survei nantinya. “Sehingga kita bisa melihat potensi yang dimiliki PKB,” katanya. Dari survei tersebut bisa diketahui kekuatan partai lain juga.

Syaiful sendiri melihat ada empat kandidat bupati potensial dari kalangan NU, yakni Ayub Junaidi (Wakil Ketua DPRD Jember 2014-2019), Hafidi (Ketua Komisi D DPRD Jember 2014-2019), Babun Suharto (mantan ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember dan saat ini Rektor IAIN Jember), dan Rasyid Zakaria (mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jember dan saat ini menjabat Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia).

Syaiful berharap bupati Jember ke depan berasal dari kalangan NU. “Iyalah, mosok kalah tok,” katanya, tertawa. Sepanjang sejarah pasca reformasi, setiap kali pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, kader NU yang didukung PKB selalu kalah. Selain itu, NU dan PKB tak selamanya satu suara antara kultural dan struktural. Terakhir, saat pilkada 2015, PKB mendukung pasangan Sugiarto dan Dwi Koryanto dan kalah dari pasangan Faida dan Abdul Muqit Arief.

Sementara itu terkait posisi pelaksana tugas ketua DPC PKB Jember, Syaiful mengatakan, akan segera berakhir setelah muktamar nasional partai pada Agustus 2019. “Sebenarnya saya hanya dua bulan menjabat,” kata pria yang diangkat menjadi pelaksana tugas sepekan sebelum pemilu April lalu. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar