Politik Pemerintahan

NU Gelar 22 Kegiatan Hari Santri Tanpa Andalkan APBD Jember

Ketua PCNU Jember Gus Aab dalam sebuah acara

Jember (beritajatim.com) – Pengurus Nahdlatul Ulama Cabang Jember, Jawa Timur, menggelar peringatan Hari Santri 2019 tanpa mengandalkan bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah (APBD). Ada 22 kegiatan yang akan digelar.

“Pembiayaannya swadaya sebagaimaan kegiatan NU, berarti berangkat dari seluruh warga, oleh warga, dan untuk warga. Kebetulan untuk peringatan Hari Santri tahun ini sebagaimana tahun lalu, PCNU Jember tidak menggunakan anggaran APBD, tapi swadaya dari internal NU sendiri,” kata Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Rabu (16/10/2019).

Menurut Abdullah, dengan tidak mengandalkan dana APBD, PCNU Jember ingin agar Hari Santri menjadi milik semua orang. “Semua harus berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing, serta tidak bergantung,” kata pria yang akrab disapa dengan sebutan Gus Aab ini.

Gus Aab mengatakan, pada 2018 sempat dirancang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, namun batal dilaksanakan karena bupati sedang ada tugas dinas di luar Jember. “Bagi NU, karena ini amanat dari pengurus besar dan pengurus wilayah, maka harus tetap dilaksanakan. Waktu itu NU melaksanakan sendiri, tapi karena waktunya mepet, tidak banyak program yang dilaksanakan,” katanya.

“Akhirnya waktu itu, upacara Hari Santri dilaksanakan di beberapa tempat secara terpisah. Sekarang kami himpun dijadikan satu untuk apel Hari Santinya, sedangkan untuk kegiatan lain kami sebar di beberapa tempat, teermasuk seminar ahlussunnah wal jamaah internasional dan kami mendatangkan narasumber dari Lebanon,” kata Gus Aab. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar