Politik Pemerintahan

‘Nderek’ Masyaikh, Alumni Santri Lirboyo Kediri Pilih Jokowi

Kediri (beritajatim.com) — Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) menggelar silaturohmi dengan alumni santri lirboyo se Jatim di Aula Muktamar Ponpes Lirboyo, Jumat (30/3/2019). Pertemuan ini dalam rangka menindak lanjuti maklumat kyai sepuh Ponpes Lirboyo yang menyerukan agar mendukung capres nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketua Wilayah Himasal Jatim H Ahmad Fahrur Rozi mengaku dipanggil Kyai dan pengasuh Ponpes Lirboyo untuk diberikan pengarahan secara langsung oleh para masyayikh Ponpes Lirboyo untuk memilih dn mrndukung capres dan cawapres dari kalangan santri ahlusunah wal jamaah .

“Sebelumya sudah memberikan seruan bahwa pengasuh lirboyo semua alumni mensukseskan pemilu tidak golput, dan mendukung pasangan 01,” kata Fahrur Rozi.

Dia menjelaskan, alumni yang hadir dalam silaturohim ini sebanyak 1.000 orang dari kabupaten Kota se Jatim. Mereka mendapatkan pengarahan secara langsung dari para masyaikh.

“Harapanya para alumni yang sebagian besar menjadi kyai didaerahnya bisa nenggerakan, juga secara berjenjang pada level bawahnya, mereka banyak menjadi pengurus NU diberbagai tingkatan, ini kekuatan kultural kim betsarung memilih orang bersarung, text santri nderek kyai,” pintanya.

Dia juga menambahkan saat ini jumlah santri Lirboyo ada sekitar 22.000 orang. Dia memprediksi hingga saat ini alumni Ponpes Lirboyo berjumlah ribuan yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten. Semuanya menyatakan ‘nderek’ (ikut) para masyaikh.

“Ini adalah ikhtiar pipimpinan kami untuk mengetuk alumni untuk mensukseskan pemilu dan memilih kyai Ma’ruf Amin,” tambahnya.

Melalui dukungan tersebut, apabila pasangan Jokowi-Amin terpilih menjadi presiden dn wakil presiden aspirasi pendidikanpesntren dan kemajuan pendidikan pesantren bisa dititipkan kepada kyai Ma’ruf Amin. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar