Politik Pemerintahan

Museum Mandilaras Pamekasan Sepi Pengunjung

Pamekasan (beritajatim.com) – Keberadaan Museum Mandilaras Pamekasan, yang terletak di sisi utara Monumen Arek Lancor, sepi pengunjung.

Bahkan tidak ada satupun pengunjung dari luar daerah yang berkunjung sejak beberapa tahun terakhir.

“Jumlah pengunjung setiap harinya tidak menentu, sekalipun ada tidak sampai 10 pengunjung dalam satu hari. Bahkan kadangkala tidak ada pengunjung sama sekali, intinya sama seperti tahun sebelumnya sepi pengunjung,” kata Juru Jaga Museum Mandilaras, Mohammad Hisyam, Selasa (12/2/2019).

Namun adakalanya keberadaan museum yang dijaganya cukup ramai, itupun hanya sebatas siswa sekolah yang biasanya datang berkunjung karena ada tugas dari sekolah masing-masing. “Biasanya mereka datang secara rombongan, karena ada tugas sekolah,” ungkapnya.

“Dari jumlah pengunjung untuk tingkat sekolah, biasanya didominasi siswa sekolah dasar, adakalanya juga ada siswa SMA. Bahkan beberapa hari lalu ada rombongan siswa SD, mereka berkunjung pagi karena ada tugas dari sekolah,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap semua elemen masyarakat, khususnya para guru di lembaga pendidikan agar terus memberikan motivasi kepada para siswa akan pentingnya pengetahuan sejarah lokal. Apalagi masyarakat saat ini cenderung apatis terhadap budaya sendiri.

“Sebenarnya keberadaan museum ini sangat penting untuk diketahui masyarakat luas, khususnya bagi para generasi muda yang cenderung melupakan akar budaya peninggalan nenek moyang. Sehingga masyarakat atau lembaga pendidikan juga harus memberikan pengetahuan tentang sejarah khususnya sejarah lokal,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar