Politik Pemerintahan

Muhammadiyah Dorong Kader Terjun dalam Pilkada Jember

Ketua PD Muhammadiyah Jember Kusno

Jember (beritajatim.com) – Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendorong seluruh warga dan kader untuk terlibat aktif dalam pemilihan kepala daerah pada 2020.

“Muhammadiyah ormas yang sudah mapan. Sudah ada khittah perjuangan, sudah ada garis-garis ideologisnya. Maka sesuai ktentuan yang ada, pada prinsipnya Muhammadiyah seluruh warganya untuk berkontribusi dalam perhelatan kebangsaan,” kata Ketua PD Muhammadiyah Jember Kusno.

Warga Muhammadiyah Jember tidak boleh diam. “Kami tetap berusaha melakukan sharing, karena bagaimana pun kalau ada kader yang mumpuni dan layak dijadikan kader umat dan kader bangsa, kader masyarakat, kami akan tawarkan kepada masyarakat luas,” kata Kusno.

“Kalau belum ada, tentu kami mendorong, karena memang kami punya keinginan ada kader yang memiliki spesifikasi di bidang organisasi, ada kader yang bergerak di bidang keumatan bagaimana dakwah bisa jalan karena umat tetap butuh keteladan. Ada kader kebangsaan, mulai dari jajaran legislasi yang kami ikut mendorong,” kata Kusno.

Jika ternyata tidak ada kader atau warga yang siap terjun dalam perhelatan pilkada tahun depan, Muhammadiyah akan mendukung siapa saja kandidat bupati yang memiliki kriteria yang diinginkan organisasi itu. Ada lima kriteria kandidat bupati versi Muhammadiyah, yakni jujur dan bisa dipercaya, punya kecerdasan lebih, sangat komunikatif, bisa menerima masukan dan tidak anti kritik atau tidak egois, serta sederhana.

“Kriteria Muhammadiyah jelas. Ada sidiq, amanah, tabligh, fathonah seperti Kanjeng Nabi. Yang diteladani Muhammadiyah kan Kanjeng Nabi. Pemimpin ya seharusnya seperti Kanjeng Nabi,” kata Kusno. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar