Politik Pemerintahan

Masuk Bursa Pilwali Surabaya, Suko Widodo Punya Cukup Peluang

Surabaya (beritajatim.com) – Popularitas pakar komunikasi asal Unair Suko Widodo pada survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) terkait Pilwali Surabaya 2020 boleh dibilang lumayan.

Doktor lulusan Unair itu meraih hasil survei popularitas sebesar 12.5 persen. Ia berada di papan tengah riset itu. Dengan capaian itu, bagaimana peluang Suko Widodo untuk berkontestasi di Pilwali Surabaya 2020?

Pakar komunikasi politik asal Unair Yayan Sakti Suryandaru mengungkapkan jika fenomena ini bisa menjadi pertanda yang baik. “Karena publik sekarang cenderung suka hal yang baru di pemerintahan,” katanya, Kamis (10/1/2019).

“Bisa dilihat dari pola Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul yang petahana bisa dikalahkan Khofifah. Ini karena mereka menginginkan adanya perubahan di pemerintahan,” tambahnya.

Sebagai informasi, di hasil riset yang dirilis pada Hari Rabu (9/1/2019), nama Ahmad Dhani menjadi yang paling populer di antara nama-nama lainnya. Sosok pentolan grup band Dewa 19 ini meraih 79.4 persen popularitas.

“Kepopuleran Ahmad Dhani ini tak lepas dari statusnya yang artis. Siapa sih orang Surabaya yang tidak kenal sosok dia. Tapi sebelumnya, untuk catatan, nama yang masuk di survey popularitas calon Wali Kota Surabaya ini adalah nama yang telah dipilih oleh masyarakat secara pola top of mind,” kata peneliti senior Surokim Abdussalam.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Rokim ini memaparkan jika posisi kedua dan ketiga diduduki oleh Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana serta Puti Guntur Soekarno. “Secara berurutan, masing-masing mendapatkan 51.2 persen dan 60.7 persen,” jelasnya.

Hasil survei yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai 20-31 Desember 2018 di 31 kecamatan di Kota Surabaya. Riset yang dilakukan menggunakan 1000 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3.1 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar