Politik Pemerintahan

Masa Tenang, Bawaslu Tuban Siapkan Mobil Anti Money Politik

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai persiapan menghadapi masa tenang dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban melaunching mobil Patroli Pengawasan Pemilu 2019, Sabtu (13/4/2019).

Tidak tanggung-tanggung, Bawaslu Tuban menyiapkan 6 unit mobil patroli atau mobil anti-money politik. Mobil-mobil tersebut akan terus bergerak melakukan pengawasan hingga tingkat desa, khususnya mencegah politik uang. Launching tersebut sekaligus apel akbar yang diikuti oleh ribuan petugas pengawas pemilu dari masing-masing TPS.

“Apel akbar ini kita lakukan sebagai upaya mengetahui kesiapan dari jajaran kami dalam melakukan pengawasan, termasuk di masa hari tenang. Petugas pengawas dari jajaran kami ada di tiap-tiap TPS, jadi totalnya 3919 personil,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban Sulamul Hadi, saat apek akbar di Alun-alun setempat.

Dengan habisnya tahapan masa kampanye dan memasuki masa tenang, salah satu yang menjadi fokus pengawasan Bawaslu adalah pelanggaran politik uang. Selain itu juga penertiban sejumlah alat peraga kampanye jika masih ada ditemukan terpasang.

“Pengawas yang paling fokus kita adalah politik uang di masa tenang ini. Karena memang keberadaan politik uang menciderai demokrasi dan merupakan salah satu pelanggaran yang merusak moral pemilih,” tambahnya.

Keberadaan mobil anti money politik tersebut akan mulai bergerak ke desa-desa yang ada di Kabupaten Tuban untuk terus melakukan patroli dan berbagi stiker anti money politik. Selain itu, dalam masa tenang menjelang, Bawaslu akan menindak tegas jika terdapat peserta Pemilu yang masih nekad melakukan kampanye.

“Hari ini kita sampaikan kepada KPU dan juga para peserta Pemilu, bahwa jika ada yang melakukan kampanye pada hari tenang akan kita tindak tegas. Sedangkan penertiban APK akan kita mulai malam ini,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar