Politik Pemerintahan

Masa Tenang, Bawaslu Gresik Apel Siaga Pengawasan Pemilu

Gresik (beritajatim.com)- Di hari masa tenang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik, menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu Tahun 2019 di lapangan Pemkab Gresik, Minggu (14/04/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik, Imrom Rosadi mengatakan apel siaga tersebut dalam rangka mengecek kesiapan jajaran Bawaslu dalam pengawasan hari tenang, yang mana hari tenang dimulai pada tanggal 14-16 April 2019.

“Target apel ini menunjukkan bahwa Bawaslu Gresik siap mengawasi pelaksanaan pemilu di hari tenang. Dimana, hari tenang adalah titik krusial, karena pada hari tenang biasanya malah terjadi proses-proses yang begitu merusak demokratis, baik money politic maupun kampanye di hari tenang,” ujarnya.

Dalam apel siaga ini Bawaslu Gresik mengerahkan 4.305 anggota baik itu Panwaslu Kecamatan, Petugas Pengawas Lapangan (PPL) pemilu.

“Nantinya 4.305 itu mengawasi 3.655 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Gresik ¬†Satu TPS ada satu petugas dari kami,” ujarnya.¬†

Ia menambahkan, selain menggelar apel siaga hari ini juga dilakukan bersih-bersih alat peraga kampanye (APK) baik itu pilpres, pileg maupun DPD.

“Semua APK tidak terkecuali harus bersih dan diturunkan,” tambahnya.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro menuturkan terkait masa tenang dan pengamanan pemilu pihaknya sudah siap. Dalam pengamanan itu, Polri juga dibantu aparat TNI, Satpol PP serta instansi terkait.

“Kami siap mengamankan pemilu yang digelar serentak pada 17 April 2019. Bahkan, untuk pengamanan pulau terluar seperti Pulau Bawean. Besok puluhan anggota diberangkatkan dengan kapal cepat,” pungkasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar