Politik Pemerintahan

Marinir Indonesia dan Amerika Latihan Menembak di Situbondo

Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) melaksanakan lomba menembak di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo. Rabu (14/08/2019). Foto: dok Marinir

Situbondo (beritajatim.com) – Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) melaksanakan lomba menembak di Pusat Latihan Pertempuran  Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo. Rabu (14/08/2019).

Dalam lomba menembak yang disaksikan Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado dan Lettu Mar Presly tersebut dibagi menjadi dua Peleton, masing-masing Peleton anggotanya campuran dari Marinir Indonesia dan Marinir Amerika.

Peleton satu dibawah Komandan Peleton Lettu Mar Irsyadul, sedangkan Peleton Dua dengan Komandan Peleton Lettu USMC Clark.

Lomba dibagi dalam dua sesi, sesi pertama masing-masing Peleton mengeluarkan 6 petembaknya, tiga dari Marinir Indonesia dan tiga dari Marinir Amerika dengan melaksanakan penembakan 9 plat besi dari jarak 100 meter, tetapi sebelum menembak, peserta harus lari dari jarak 200 meter.

Untuk sesi dua, masing-masing peleton mengeluarkan 4 petembak, dua Marinir Indonesia dan dua Marinir Amerika, dengan melaksanakan penembakan 9 plat besi dan sasaran tubuh, dengan catatan sebelum plat besi jatuh semua, peserta tidak boleh menembak sasaran tubuh.

Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) melaksanakan lomba menembak di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo. Rabu (14/08/2019).

Untuk lomba menembak tersebut, dimenangkan oleh Peleton Satu dengan nilai 250 point, sedangkan Peleton Dua mendapat 235 point.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, lomba menembak tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dan komunikasi Marinir kedua Negara dalam hubungan Peleton. Selain itu, juga dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit penggunaan senjata perorangan.

“Selain lomba menembak, lanjutnya, dalam Latma Platoon Exchange tahun 2019 yang akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019 tersebut juga dilatihkan beberapa materi lainnya diantaranya Tembak Tempur Offensive (TTO), Tembak Tempur Defensive (TTS), patroli tempur, GMUK, Serangan, pertempuran jarak dekat dan jungle survival,” pungkas Mayor Marinir Eko Budi. (ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar