Politik Pemerintahan

Mantan Aktivis IMM Pimpin KPU Jember

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Syai’in terpilih menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, periode 2019-2024. Empat anggota lainnya adalah Ahmad Hanafi (komisioner Divisi Data dan Informasi), Achmad Susanto (komisioner Divisi Teknis), Andi Wasis

(Komisioner Divisi Sosialisasi, pendidikan  Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM), dan Dessy Anggraeni (komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan).

Syai’in adalah mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Jember 2005-2006 dan sebelumnya menjabat komisioner KPU Jember periode 2014-2019. “Pemilihan tersebut berlangsung dengan aklamasi,” kata Hanafi.

Syai’in mengatakan, saat ini tahapan pemilu memasuki masa gugatan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi. “Kami menunggu perintah KPU RI terkait hal-hal yang harus dilakukan,” katanya, Sabtu (15/6/2019).

Gugatan perselisihan hasil pemilu masih terkait pemilihan presiden. Namun dari Jember sendiri untuk pemilu legislatif ada satu gugatan di MK dari Partai Perindo. Terkait hal ini, Syai’in masih menanti pemberitahuan resmi dari MK.

Syai’in tetap percaya, KPU Jember akan bisa menyelesaikan seluruh tahapan pemilu dengan baik, kendati ada tiga komisioner baru. Selain Syai’in, komisioner lama adalah Ahmad Hanafi. “Prinsipnya lembaga ini berjalan kolektif kolegial. Semua bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar