Politik Pemerintahan

Maju Independen, 3 Tokoh Ambil Formulir Dukungan di KPU Kabupaten Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca pengumuman pendaftaran calon dari jalur independen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto telah menerima tiga orang yang mengambil formulir pendaftaran calon indenpen. Ketiganya merupakan warga Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi Teknik, Achmad Arif mengatakan, pelaksanaan tahapan Pilbup Mojokerto 2020 sudah dimulai. “Hari ini, kita konsentrasi di pelaksanaan tahapan dukungan calon perseorangan setelah diumumkan pada tanggal 3 sampai 16 Desember 2019,” ungkapnya, Rabu (11/12/2019).

Masih kata Arif, hingga saat ini sudah ada tiga orang yang datang ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto meminta formulir pernyataan dukungan. Yakni formulir model B.1-KWK. Ketiganya juga diberikan surat dari KPU Kabupaten Mojokerto sesuai instruksi dari KPU RI.

“Karena ada perintah dari KPU RI, di masa pengumuman itu, bakal calon yang bakal berangkat lewat di jalur perorangan bisa meminta pasword dan user name yang akan digunakan dalam mengakses aplikasi silo. Ini yang nanti akan menjadi salah satu persyarakatannya,” katanya.

Arif menjelaskan, sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang No 10 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 18 Tahun 2019 terkait pencalonan, minimal jumlah dukungan sebanyak 62.338. Pernyataan dukungan tersebut harus disertai dengan formulir rekapitulasi dari masing-masing kelurahan.

“Ini juga sudah kita sampaikan saat pengumuman tanggal 3 sampai Desember kemarin. Dukungan tersebut diserahkan calon ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto tanggal 19 sampai 23 Februari 2020. Untuk yang dari parpol dimulai tahun 2020, tepatnya tanggal 16-18 Juni 2020,” jelasnya.

Ketiga calon dari jalur independen yang sudah mengambil formulir dukungan calon persoalan ke KPU Kabupaten Mojokerto tersebut yakni satu calon dari Kecamatan Dlanggu dan budayawan sekaligus pengusaha, Edi Weliang. Terakhir Ketua Jaringan Ulama Muda Nusantara Provinsi Jawa Timur. defri Ervanda Krismianto. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar